3 Jam Di Brussel, Belgium

Apa yang akan kamu lakukan seandainya berada di luar negeri dalam waktu yang se singkat singkat nya? 3 jam misalnya?

Inilah pengalam ku.

Pagi itu aku masih berada di Madrid, Spanyol. Pagi pagi sekali aku sudah bangun, alarm ku bunyi jam 3 pagi. Ku bereskan barang barang ku dan bergegas check out dari hotel. Dengan menggunakan Taxi aku menuju bandara Barajas ( Bandar udara di Madrid).

Jam 6 pagi aku terbang dengan brussel airline menuju Brussel . Sampai disana aku nggak tau mau ngapain, nunggu pesawat ku yang lain menuju Abu Dhabi masih 3 jam lagi. Dan aku memutuskan untuk keluar bandara, tapi cuaca saat itu sangat dingin, 9 derajat celcius dan hujan, akhirnya aku memutuskan kembali ke bandara, jalan jalan di duty free, berhenti di Jewelery, yang jual cantik banget, aku Tanya harga harga beberapa perhiasan untuk memulai percakapan dengan yang jaga. Dan akhirnya aku Tanya “where are you from? You look so pretty” dengan senyum ramah dia menjawab “Indonesia” hehe.. bertebaran juga orang Indonesia di mana mana. “wow.. wonderful country, isn’t?” balas ku, dan dia menjawab “yes it is” pembicaraan kami pun berlanjut membahas Indonesia (kami masih menggunakan bahasa inggris). Sampai pada akhirnya dia berkata ” Seems you know a lot about my country, smart girl, where are from anyway?” “your country is mine too” jawabku . dia kaget dan langsung bilang “gua kirain kamu dari China”. Aku tertawa, dia bukan satu satunya yang mengira aku Chinese, tempo hari aku berkunjung ke salah satu festival di Madrid, aku menari nari di depan kerumunan orang, dan seorang perempuan berteriak “I wanna pic with Chinese girl” sambil menunjukku, hah??? I’m not Chinese, I’m Indonesian!

Kami bercerita banyak, dia menyarankan ku untuk tidak membeli perhiasan di tempat dia bekerja. Ku katakan padanya aku sebenarnya tidak berminat, mahal dan kalau di jual lagi di Indonesia harganya jatuh (pengalaman beli perhiasan di Irlandia).

Akhirnya kami memutuskan makan bersama, aku korek korek pengalaman dia, awalnya dia bekerja sebagain cleaning service di hotel berbintang, dengan gaji sekitar 8 juta perbulan. Di sela sela waktu senggang nya dia gunakan untuk bekerja serabutan di restaurant. Hidup ini berat kenang nya. Hingga akhirnya dia di tawari untuk bekerja di toko jewelery ini dengan pendapatan lebih dari 20 juta perbulan. Ketika aku tanya apa tidak rindu Indonesia? Aku tidak punya siapa siapa disana, tidak ada yang merindukan dan tidak ada yang di rindukan (miris dengarnya, aku aja kalau keluar negeri belum ada satu bulan udah kangen, kangen makanan Indonesia maksudnya, hehe). Ketika dia menanyakan kapan aku akan ke Brussel lagi, aku katakan aku belum ada rencana dalam waktu dekat, lalu dia memberi ku kartu nama, dan berpesan, kapan pun kamu kesini, telfon aku, mungkin aku akan mulai merindukan seseorang setelah kamu pergi. Haaahh???? Lesbian apa ni ya? Aku mulai deg degan, sampai akhirnya dia berkata, “kamu lah orang pertama yang ku ajak berbicara bahasa Indonesia setelah 10 tahun” glek, kaget gak percaya.

Sebagai kenang kenangan aku memberinya kain pantai yang ku beli di Malioboro yogya, ada gambar tokeknya. Bukan baru tapi sudah pernah ku pakai, dan dia membelikan ku makanan yang sangat bermanfaat ketika aku sampai di Abu Dhabi.

3 jam di Brussel dan aku tahu banyak tentang Brussel dari dia, tak perlu berjalan dibawah hujan dalam cuaca yang dingin. 3 jam dan aku punya teman baru.

Ita namanya, seorang perempuan Indonesia yang tidak merindukan dan tidak di rindukan. Sekali lagi aku bersyukur mengetahui bahwa aku di rindukan keluarga dan teman dan selalu merindukan mereka.  kesedihan itu bukan pada saat kita tidak punya teman untuk berbagi kesedihan, tapi pada saat kita bahagia tapi tidak punya teman untuk berbagi kebahagiaan.

Doc : 3 jam di Brussel

3 thoughts on “3 Jam Di Brussel, Belgium

  1. Wah pengalaman yang menarik. Bolehkah saya minta contact Ita ? Saya tinggal di Brussels sudah 1 tahun dan ingin sekali berkenalan dengan sesama orang Indonesia di Brussels. Kamu bisa kontak saya melalui email biar lebih enak ngomongnya. Mudah2an kamu tidak keberatan Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s